kenangan

Minggu, 15 Juli 2012

|
malam ini, gw kembali melakukan perjalanan ngga jelas sendirian, perjalanan yang gw ngga tau arahnya ke mana, random aja. Gw melakukan perjalanan malam dengan naik motor yang kebetulan baru diservis siangnya, jadi larinya lumayan enak.. gw mulai perjalanan dengan melewati kalimalang dan menyusuri BKT atau Banjir Kanal Timur sampe Pondok Bambu.

Gw selalu senang melakukan perjalanan malam, karena menurut gw, ada beberapa hal yang hanya bisa kita lihat di malam hari, salah satunya pesona kota. Lampu jalan yang berpendar di sepanjang BKT memberikan kesan yangberbeda, siapa yang sangka BKT yang butek, keruh, kadang bau bisa berubah penampilannya di malam hari? Yups, gw emang suka cahaya lampu bangunan dan jalanan pada malam hari.
Selama di perjalanan, angin malam dan cahaya lampu memberikan kesan yang berbeda, somehow, Jakarta yang siangnya biasanya macet, penuh asap knalpot, klakson, dan segala tetek bengek lainnya menjadi lebih "bersahabat" pada malam hari. Sekalipun kita tau, Jakarta tidak pernah tertidur, saat itu kondisi jalan raya masih lumayan rame, tapi gw ngerasain sedikit keheningan di situ, di mana jalanan sebagai nadi kota masih berdenyut, tapi bukan berdenyut karena napas yang tersengal-sengal, melainkan napas lega yang tenang. Pikiran gw kembali menerawang.. dengan tetap memperhatikan jalan tentunya, hehe :p

Pulangnya, gw memutuskan untuk ngambil jalan yang jarang gw lewatin, gw masuk ke sebuah gang yang gw ngga tau ujungnya di mana, gw ngga takut nyasar, karena menurut gw, nyasar adalah salah satu proses perkenalan kepada suatu hal yang baru, lagian di Jakarta lo ngga bakal mungkin nyasar deh, asal ketemu jalan besar udah aman, ya kalo siang-siang bisa nanya supir angkot atau tukang ojek..

Ternyata jalan yang gw ambil ini justru mengarah pada sebuah tempat yang gw udah kenal, yaitu kompleknya mantan gw.. begitu ngelewatin rumahnya yang udah kosong, karena dia udah pindah rumah kurang dari setaun yang lalu, sekilas gw ngeliat bayangan masa lalu, di mana pada saat itu gw sering ngapelin dia, ke kampus bareng, pacaran di garasi rumahnya, nonton Moto GP bareng bokapnya, hal-hal semacam itulah..
ngga cuma itu, dari situ gw nerusin perjalanan menuju arah SMA gw dulu, bayangan masa lalu kembali bermunculan, selama perjalanan gw merasa kembali pada waktu gw masih SMA. Jalanan tempat di mana gw pernah dorong motor gw yang mogok malem-malem, dan warkop tempat gw suka nongkrong setiap abis latihan silat.. pas lewat situ, gw ngeliat wajah yang gw kenal, yup, temen-temen gw rupanya masih suka nongkrong di situ, gw ngeliat Munen, yang lagi duduk di depan warkop. Dulu Munen suka main ke rumah gw, dan ngabisin cemilan atau suguhan apapun yang gw kasih, suka nginep bareng di rumah Andre, jalan bareng, pokoknya ngerusuh barenglah, tapi sejak udah pada kuliah, kita udah jarang bahkan hampir ngga pernah melakukan hal-hal itu lagi.
gw juga melewati jalur yang dulu selalu gw lewatin ketika pulang sekolah, entah itu pas gw masih suka nebeng sama temen, sampe gw punya motor sendiri, saat pulangnya sendirian, atau goncengin temen atau pacar.
dari situ gw kembali ngelewatin jalur yang sampai sekarang masih sering gw laluin, sebuah kampus, tapi bukan kampus gw, kampus itu tempat gw sering nongkrong. Kampus itu udah jadi bagian dari diri gw sejak 10 taun yang lalu, di saat gw masih naif sampe gw melek dengan realita. Kampus di mana terdapt titik balik yang ngerubah hidup gw, tempat semuanya berasal. Banyak yang gw kenal di kampus itu, bahkan jumlah orang yang gw kenal di situ lebih banyak daripada yang dikenal sama anak kampus itu sendiri, hehe.. jadi teringat saat gw dulu masih suka main di ruang sebuah UKM setiap pulang sekolah, sampe dipekerjakan untuk bikin rumah hantu, atau bikin tato temporer. Jumlah kenangan di sana sebanyak jumlah mahasiswa yang belajar di kampus itu. Banyak.

Malam itu, waktu seolah berhenti.

Gw ngerasa hal-hal yang gw lewatin pada waktu itu adalah mimpi semata, yang tertinggal hanya ingatan dan kenangan. Saat main sama temen, cabut sekolah bareng, latihan silat bareng, sampe berantem. Saat nembak cewek, pacaran, sampe dipanggil guru BP pas ketawan ciuman di sekolah *ups, hahahahaha*. Saat bikin rumah hantu, saat natoin 200 mahasiswa, saat ditolak, da saat-saat menyenangkan lainnya.

Terkadang gw suka berpikir untuk kembali ke masa-masa menyenangkan itu, ngerasain lagi feel-nya, dag-dig-dug-nya, berbunga-bunganya, semuanya. Tapi ngga mungkin bisa, satu-satunya cara untuk ngerasin hal-hal itu lagi cuma dengan mengenangnya.

Ingatan dan kenangan. Hanya itulah suvenir abadi yang kita dapatkan dari semua yang kita lakukan. Karena itu, gw sama sekali ngga mau melupakan semua ingatan dan kenangan yang telah gw dapatkan selama ini, itu semua priceless, tapi sekali kehilangan, maka untuk seumur hidup kita ngga akan bisa mendapatkan gantinya. Gw ngga akan memungkiri kalo gw emang kangen setengah mati sama semua yang ada di dalam kenangan itu, meskipun beberapa di antara mereka masih gw temuin hampir setiap hari, tapi tetep aja beda, dulu dan sekarang, banyak hal-hal berubah dalam waktu yang relatif singkat.

Sebenarnya ketika kita sedang merindukan seseorang atau suatu tempat, yang kita rindukan bukan orangnya secara personal, tapi mereka yang ada dalam ingatan kita pada waktu itu. Ada yang tetap sama seperti dulu, ada pula yang sudah berubah drastis, karena itu kita terkadang menemui kekecewaan akan hal yang kita rindukan, ketika hal tersebut tidak lagi sama seperti yang dulu.

tapi gw sebagai orang yang masih naif, selalu menaruh harapan, bahwa suatu saat nanti, semua akan kembali seperti dulu, di mana banyak tawa, canda dan air mata untuk dibagi. Bersama orang-orang yang dulu pernah mengisi hari-hari kita, dan terekam di dalam ingatan. Meskipun gw tau itu hampir mustahil, tapi ngga ada salahnya naro harapan, toh harapan yang bikin manusia bisa terus maju.

Setelah banyak kenangan yang "lompat" keluar dari ingatan gw, gw melajukan motor kembali ke rumah, sambil tersenyum dihembus angin malam dan ditemani temaram lampu jalan.

:)




*diketik sambil mendengarkan "Rahasia" oleh Payung Teduh*

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.