Flash Mob? apa itu???

Senin, 08 Maret 2010

|
Yuhuuuuuuuuuu~~~~~~

setelah sekian lama tidak memposting, akhirnya gw bisa kembali memposting sesuatu yang seperti biasa, tidak penting, tapi mungkin bisa menambah wawasan...

tenang, tenang sodara-sodara... postingan kali ini bukan mengenai kehidupan pribadi gw yang makin ngga jelas...

kali ini gw mau ngebahas soal FLASH MOB.

apa sih FLASH MOB itu? oke, cekidot...

dari info yang gw dapet dibantu oleh om gugel dan tante wiki, definisi Flash Mob adalah sekumpulan orang-orang, biasanya terdiri dari BANYAK SEKALI orang, yang berkumpul secara TIBA-TIBA di tempat umum, melakukan hal-hal yang unik dan tidak biasa dan biasanya emang ngga guna dalam beberapa saat, dan abis itu langsung bubar dengan cepat. Seperti di London, tepatnya di depan Big Ben yang terkenal itu, ratusan orang berkumpul dan nyembah-nyembah ke arah Big Ben, dan setelah beberapa saat, kumpulan orang-orang itu tiba-tiba bubar seolah-olah ngga terjadi apa-apa dan kembali beraktivitas seperti biasa... Ada lagi kejadian di Kanada, sekumpulan orang yang ada di sana tiba-tiba berlaku seperti zombie dan berseru "BRAAAAAAAINSSSS!!!" pada setiap orang yang lewat, setelah itu? udah, Bubar... Ada juga kejadian tiba-tiba sekumpulan orang-orang datang dan berkumpul di depan sebuah badan amal, membuka baju mereka, memutar-mutarnya dan menyanyikan lagu "Give it away"-nya Red Hot Chilli Pepper, maksudnya untuk menghimbau biar orang-orang pada nyumbang gitu...

nah, ngga jelas kan? tapi pengen tau, kegiatan apa aja sih yang biasanya mereka lakukan secara tiba-tiba dan dalam waktu singkat itu?

oke, gini... biasanya, para orang-orang yang biasa disebut Flash Mobbers itu saling berkomunikasi melalui pesan singkat, sms, telepon, e-mail, dan lain-lainnya. Isi pesannya harus secara mendetil, karena ngga bakalan ada briefing lagi di tempat kejadian.

beberapa contoh aksi Flash Mob yang pernah diadakan antara lain, perang bantal di tengah kota Toronto, dan aksi Silent Disco di London, bahkan, perang bantal tersebut sempat menjadi aksi Flash Mob yang diadakan secara serentak di beberapa kota di seluruh dunia yaitu Barcelona,Basel, Beirut, Boston, Budapest, Chicago, Copenhagen,Dubai, Dublin,Dundee, Houston, Innsbruck, London, Los Angeles, Madrid, Melbourne,Monterrey, Montreal, New York City, Paris, Pécs,Shanghai, San Francisco,Stockholm, Sydney, Toronto, Vancouver, Washington, D.C., dan Zurich, wew, banyak juga ya?

emangnya siapa sih yang pertama kali mencetuskan ide gila ini?
Nah, Flash Mob pertama kali diciptakan tahun 2003 oleh Billy Wasik, seorang editor senior dari Harper's Magazine. Karena penjelasannya panjang dan butuh waktu lama buat translate, untuk sementara langsung menuju TKP aja dulu ya gan, hehehehe... nih, di sini... THE FIRST FLASH MOB.

lalu ini beberapa aksi Flash Mob yang paling dikenal...

Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri? pernah ngga sih ngadain Flash Mob?
ya! pernah! masih inget dengan aksi tari massal dengan lagu "Thriller"-nya Michael Jackson yang diadain di salah satu mall di Jakarta? itu adalah salah satu dari aksi Flash Mob Jakarta! Bahkan kegiatan ini diliput oleh Metro TV dan TVOne dan disiarkan Worldwide. Ini salah satu publikasinya di salah satu situs jejaring sosial... KLIK DI SINI.

oiya, bahkan ada situs khusus untuk Flash Mob lho, di situs ini kalian bebas merencanakan "serangan-serangan" yang akan dilaksanakan cukup dengan menulis Form yang tersedia... tertarik? silakan kunjungi situs Flash Mob ini... silakan ke TKP.

Ada-ada aja ya kelakuan orang-orang itu? emang ngga jelas maksudnya apa, dan menimbulkan berbagai reaksi, ada yang menganggap itu mengganggu kenyamanan ruang publik, keamanan, kebersihan, bahkan ngga jarang mengundang reaksi keras dari pemerintah yang ngga segan-segan mengerahkan pihak keamanan untuk menindak kegiatan Flash Mob ini...
yah, tapi tetep aja, sounds fun, isn't it?

Buat anda-anda semua yang stress, mungkin kegiatan ini bisa menjadi salah satu sarana pelepas stress, tapi tetep aja harus direncanakan dengan detail dan matang, dan yang paling penting, jangan sampe ketahuan pihak berwajib, hehehehehe... bubar deh ntar acaranya...

some pict of FLASH MOB:








2 comments:

gisellallesig mengatakan...

ijin repost gan :D

detektif007 mengatakan...

ada lagi mbak contohnya,,,
flashmob nya pendukung jokowi :D

Diberdayakan oleh Blogger.