orang-orang yang bisa bikin gw merinding

Kamis, 21 Januari 2010

|
berikut ini, gw paengen share aja, sekedar berbagi...

ini dia orang-orang yang bisa bikin gw merinding, iya, merinding, for real, merinding ketakutan dan merinding karena memang ada "feel" lain yang pastinya bener-bener "strange feeling" deh...

yang pertama, Marilyn Manson.

Kenapa bisa bikin gw merinding?
sebenernya sih awalnya biasa aja... gw udah lama dengerin lagu-lagunya dia... tapi... begitu gw dengerin lagunya, This Is Halloween, soundtrack dari film yang terkenal "Nightmare Before Christmast", yang diaransemen ulang olehnya, gw selalu merinding. Ngga tau kenapa, setiap gw dengerin lagu itu, pasti merinding, bahkan, sekali waktu, gw pernah bener-bener jadi ketakutan waktu dengerin itu lagu.

Oke, kedengerannya lebay, mungkin orang lain ngga sampe segitunya, tapi ya terserahlah, yang jelas gw selalu ngerasa merinding dan kadang-kadang ketakutan tiap denger lagu itu... nih link-nya... mau embed di sini pidionya engga bisa... CLICK HERE.

Lalu... Tim Burton.

Nah, kalo yang ini mah... siapa sih yang ngga kenal sama doi? Namanya melejit setelah menyutradarai film "Batman" pada tahun 1989 setelah dia menyutradarai film "Pee Wee's Big Adventure" pada tahun 1985 dan "Beetlejuice" pada tahun 1989. Lalu Karyanya yang fenomenal, "Nightmare Before Christmast". dan banyak lagi karya-karyanya yang... colorful, mysterious, artistic, yet spooky, seperti Corpse Bride, Sweeney Todd, dll, dan yang terbaru, yang akan keluar tahun ini, yaitu Alice in Wonderland.

Kenapa bikin merinding? Jelas, kalo yang udah nonton pelemnya pasti tau kenapa. Karena beliau berhasil memasukkan unsur-unsur kegelapan yang ada dalam diri tiap manusia, dan penggambaran dunia dalam filmnya yang cenderung hiperbola namun artistik dan penuh dengan metafora, serta beberapa hal yang bersifat satir.
Kayaknya kalo paman yang ini gw ngga perlu jelasin panjang-panjang deh, pasti udah pada tau semua. Untuk spoiler video pelem-pelem hasil karyanya, silakan cari sendiri di yutup, pasti ada dan banyak, taruhan goceng-goceng sama gw...


Lalu sang legenda, Hayao Miyazaki.

Tunggu dulu... Pria tua dengan wajah ramah ini bisa bikin gw merinding?
Hem... kalo yang ini bukan merinding dalam arti horor yah, tapi lebih kepada... Strange Feeling yang... susah deh buat dijelasin...

Beliau ini adalah legenda dalam dunia film animasi di Jepang, pendiri studio Ghibli yang terkenal dengan karya-karyanya seperti Sen to Chihiro no Kamikakushi atau yang lebih dikenal dengan judul Spirited Away yang berhasil nyabet Oscar, Mononoke Hime, Howl's Moving Castle, Tales From the Earthsea, Kaze no Tani no Nausicaa, Laputa Castle In The Sky, On Your Mark, dan masih banyak lagi karya yang beliau hasilkan bersama studio Ghibli-nya.

Yang mana yang bikin gw merinding?
Sebenernya hampir semua karyanya dahsyat dan bisa bikin merinding, tapi gw khusus menyebut satu karya, yang bener-bener bikin gw merasa kagum, takut dan... aneh deh pokoknya, yaitu salah satu karyanya yang berjudul Spirited Away.

Kenapa emangnya?
Penggambaran dunia roh oleh bapak Hayao Miyazaki dalam film ini begitu... berwarna, penuh cahaya, tapi di sisi lain begitu misterius, dan ada sedikit "kegelapan" yang bersemayam di dalamnya, seolah-olah dunia roh dalam film itu benar-benar ada, terasa nyata, padahal tersirat dalam bentuk 2 dimensi... Uniknya, perasaan misterius dan takut itu justru datang dari keadaan dunia itu di siang hari, bukan malam hari.

Hayao Miyazaki. Beliau berhasil membuat orang yang menonton filmnya ikut terhanyut dalam alunan musik dan penggambara dunia yang beliau gambarkan. Ada yang bilang, sesuatu yang berasal dari kenyataan dan pengalaman akan terasa lebih nyata bila dibandingkan dengan sesuatu yang muncul dari dalam pikiran orang itu sendiri, kalau begitu, apakah beliau memang pernah melihat dunia roh seperti di dalam film ini? dan apabila ini hanya merupakan dunia karangannya saja, maka bisa kita bayangkan, betapa hebat "isi kepala" beliau.

nah, buat yang penasaran, ini trailernya...

Nah, lalu yang berikutnya, Joe Hisaishi.

Kalo yang ini, komposer yang mengaransemen lagu untuk film Spirited Away itu...
Lagu-lagu hasil aransemennya benar-benar menyatu dengan filmnya, perasaan "Haunting" yang dirasakan Chihiro, karakter utama di film itu, seolah-olah berhasil diungkapkan pada para penonton dan pendengar lagunya melalui musiknya. beliau berhasil menyergap perasaan pendengar musiknya masuk ke dalam film itu dan membuat kita merasakan apa yang dirasakan karakter utama.

Lagu yang mana yang bikin gw merinding?
Semua karyanya dalam film ini gw bilang "haunting" tapi ada satu yang jadi perhatian gw, judulnya The Sixth Station, salah satu dari banyak lagu yang menjadi soundtrack film ini, semua hasil aransemennya.
ini videonya...


Nah, itu tadi 4 orang yang berhasil bikin gw semriwing dengan karya-karyanya.
Sedikit mengambil kesimpulan yang sok tau, gw sering denger kalo seniman-seniman sejati selalu berkarya tidak hanya dengan media yang biasa dia gunakan, tapi juga dengan "hati". Seperti seorang fotografer, yang perasaannya dapat ikut tertangkap dalam foto hasil jepretannya, sehingga menimbulkan perasaan tertentu saat kita melihatnya, atau pelukis yang perasaannya ikut terserap di dalam kanvas dan terpancar melalui lukisannya.

Begitu pula dengan musik dan film, Seperti Marilyn Manson yang dari tongkrongannya aja emang udah serem, ternyata karyanya juga bisa ikutan bikin orang ketakutan. Hell yeah Mr. Bryan Hugh Warner, you really get the creep out of me, congratulation, brrr....

Begitu pula Joe Hisaishi, beliau dapat menyatukan musik aransemennya dengan gambar bergerak karya Hayao Miyazaki. Dan menjadi satu kesatuan yang luar biasa, di mana musik luar biasa berpadu dengan gambar luar biasa, inilah ultimate duo! Tiap dentingan pianonya, gesekan biolanya, terdengar sampe ke hati, bukannya lebay, karena emang itu yang gw rasain, sebenernya sulit buat gw ngungkapin apa yang gw rasain saat gw denger lagu aransemennya, maka dari itu, dengarlah sendiri, dan jangan lupa biarkan imajinasi kalian berputar dengan bebas...


Lalu bagaimana Dengan Hayao Miyazaki dan Tim Burton?
dua orang yang sudah lama melanglang buana dalam dunia perfilman ini pasti punya cerita lain lagi.
Seperti tadi yang gw bahas, mengenai "kegelapan" yang ada dalam film-filmnya, bukan dalam arti sesuatu yang sifatnya jahat, tapi lebih kepada perasaan aneh yang muncul ketika kita melihat karyanya, khusus untuk Hayao Miyazaki. Dunia-dunia yang beliau ciptakan terasa begitu nyata, seolah-olah tempat itu emang beneran ada, nah... kalo gitu... apa emang beliau beneran pernah mengunjungi tempat-tempat seperti di dalam filmnya? karena sesuatu yang memang berasal dari pengalaman kan pasti terasa lebih nyata ketimbang sesuatu yang fiktif.
Tapi kalau memang dunia itu hanyalah buah pikirannya semata, dan hanya ada di dalam otaknya, maka pantaslah kalau bapak Hayao Miyazaki ini dipanggil jenius, dan gw memanggilnya "Dewa Animasi".

Sedangkan untuk Tim Burton, setelah menonton film yang disutradarai olehnya, kita dibuat kagum. Tangan dinginnya berhasil menciptakan film-film yang fenomenal, dan tentu saja dengan ciri khas yang dimilikinya, dan pasti keliatan di tiap film. Sebuah dunia yang terkesan noir tapi penuh warna, ceria tapi menyeramkan, cerah tapi misterius, bener-bener sebuah karya yang kompleks dan dahsyat. Bahkan mungkin tanpa dialog pun kita sudah bisa menangkap isi dari film tersebut.

Yah, begitulah review gw, sekedar share aja sih... semua tulisan di atas adalah opini dan pendapat pribadi gw, berdasarkan apa yang gw rasakan dengan tidak bermaksud melebih-lebihkan, kendati gw orangnya SANGAT LEBAY.
Tapi bagaimanapun juga, ada baiknya kalo kalian menikmati sendiri hasil karya mereka, dan silakan beropini dan berpendapat, dan jangan lupa... berbagi dikitlah... share, apa yang kalian rasakan saat mendengarkan/menonton hasil karya mereka??

apakah merinding?
apakah gembira?

saya tunggu jawaban kalian...

1 comments:

revanadia mengatakan...

belum tau gan hehehe, tapi nampaknya para paman-paman diatas itu keren sekali

Diberdayakan oleh Blogger.